Visi dan Misi

A.     Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

Secara definitif Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan sebagaimana dijabarkan dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 517 Tahun 2001 dan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 477 Tahun 2004 adalah instansi Depatemen Agama yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota di bidang Urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan.

Oleh karena itu, Kantor Urusan Agama Kecamatan berkedudukan di wilayah kecamatan dan bertanggungjawab kepada Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota yang di koordinasi oleh Kepala Seksi Urusan Agama Islam / Bimas Islam / Bimas dan Kelembagaan Agama Islam dan dipimpin oleh seorang Kepala. Sehingga tugas pokok KUA Kecamatan adalah melaksanakan sebagian tugas Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota di bidang Urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan.

Berpijak pada kedudukan dan tugas pokok tersebut, maka KUA Kecamatan Sawahan berkedudukan dalam wilayah Kecamatan Sawahan Kota Surabaya dan menjalankan sebagian tugas Kepala Kandepag. Kota Surabaya di bidang Urusan Agama Islam.

Sedangkan fungsi Kantor Urusan Agama Kecamatan adalah sebagai berikut :

1.      Menyelenggarakan statistik dan dokumentasi.

2.      Menyelenggarakan surat menyurat, pengurusan surat, kearsipan, pengetikan dan rumah tanga Kantor Urusan Agama Kecamatan.

3.      Melaksanakan pencatatan nikah dan rujuk, mengurus dan membina masjid, zakat, wakaf, baitul maal dan ibadah social, kependududkan dan pengembangan keluarga sakinah.

B.     Visi dan Misi

Visi Kantor Urusan Agama Kecamatan Sawahan adalah : “ Profesional dan amanah dalam membina keluarga sakinah”. Adapun penjabaran terhadap visi tersebut adalah :

1. Profesional                     : Suatu sikap, tindakan dan kebijakan yang dilaksanakan atau diambil berdasarkan prinsip-prinsip standart pelayanan dan hukum yang berlaku.

2. Amanah                          : Melaksanakan semua tugas yang diberikan oleh negara sesuai dengan tugas dan kewenangannya dengan berpedoman pada prinsip kejujuran, dapat dipercaya dan memiliki nilai akuntabilitas yang tinggi.

3. Membina                        : Memberikan suatu pelayanan pembinaan, baik pelayanan administratif, konseling maupun advising kepada masyarakat secara kontinue dan sistematis untuk mewujudkan tujuan dimaksud.

4. Keluarga Sakinah           : Keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi hajat hidup spiritual dan material secara layak dan seimbang, diliputi suasana kasih saying antara anggota keluarga dan lingkungannya dengan selaras, serasi, serta mampu mengamalkan, menghayati dan memperdalam nilai-nilai keimanan, ketaqwaan dan akhlaq mulia.

Dengan visi KUA Kec. Sawahan yang demikian luas penjabarannya, maka diperlukan suatu kerangka konseptual yang sistematis dan tersinerginakan diantara berbagai komponen yang hendak dicapai dalam visi tersebut. Kerangka konseptual tersebut terimplementasikan dalam suatu misi KUA Kecamatan sawahan, yaitu : “ Peningkatan dan pemberdayaan aparatur negara dan masyarakat secara profesional dan amanah dalam mewujudkan masyarakat religius, metropolitan dan madani yang terbangun dari keluarga sakinah”, melalui :

1.      Peningkatan pelayanan prima dan profesional dalam pencatatan nikah dan rujuk.

2.      Pengembangan manajemen dan pendayagunaan masjid, zakat, wakaf, baitul mal dan ibadah sosial.

3.      Peningkatan pembinaan keluarga sakinah dan pemberdayaan masyarakat.

4.      Peningkatan pelayanan dan pembinaan produk pangan halal, kemitraan ummat dan hisab rukyat.

5.      Pengembangan dan pemberdayaan jama’ah haji.

 

C.  Tujuan dan Sasaran

1. T u j u a n

a.       Terciptanya pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat dalam pencatatan nikah dan rujuk.

b.      Terbangunnya sistem pengelolaan masjid yang profesional.

c.       Membangun sistem pengelolaan zakat, wakaf, baitul maal dan ibsos yang produktif untuk pengembangan kesejahteraan umat.

d.      Mewujudkan masyarakat yang terbangun dari keluarga yang harmonis, bahagia, sejahtera, aman, tentram dan damai sehingga tercipta keluarga bangsa yang religius, metropolitan dan madani.

e.       Meningkatkan pelayanan dan pembinaan kehidupan ummat beragama dan memantapkan pemahaman dan pengaplikasiannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

f.        Meningkatkan fungsi sarana dan prasarana kantor guna mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat.

2.  S a s a r a n

a.       Masyarakat luas yang akan melaksanakan nikah dan rujuk.

b.      Masyarakat luas dan para aktifis masjid, ta’mir, remas dan para donator masjid

c.       Masyarakat luas dan para pengelola zakat, wakaf, baitul maal, ibsos dan lembaga social keagamaan yang concern terhadap permasalahan peningkatan kesejahteraan ummat.

d.      Seluruh elemen masyarakat, terutama calon pengantin dan keluarga muslim yang menjadi sendi keluarga sebagai elemen terpenting dalam mewujudkan kebahagian baik di dunia maupun di akhirat kelak.

e.       Seluruh warga muslim yang memiliki kewajiban memakan makanan yang halal dan beribadah sesuai arah yang benar serta seluruh elemen bangsa, baik ormas Islam maupun non muslim yang menjunjung tinggi norma universal dalam mewujudkan kedamaian hidup dalam berbangsa dan bernegara.

f.        Seluruh sarana prasarana kantor dalam upaya memberikan pelayanan dan akses kepada masyarakat secara cepat, tepat dan mudah.

D.  Cara Mencapai Tujuan dan Sasaran

1. K e b i j a k a n

a.       Memberikan pelayanan dan pembinaan kepada masyarakat secara prima dalam pencatatan nikah dan rujuk.

b.      Sistem pengelolaan masjid harus baik.

c.       Efektif dan berdaya guna dalam mengelola zakat, wakaf, baitul maal dan ibsos.

d.      Masyarakat hidup dalam kesejahteraan, bahagia, aman, tentram dan damai.

e.       Masyarakat tidak cemas dalam mengkonsumsi produk pangan dan arah kiblat serta membangun kerukunan intern dan antar ummat beragama secara harmonis dan berkesinambungan.

f.        Mengoptimalkan peran dan fungsi KUA sebagai kepanjangan tangan Depag dan meningkatkan peran dan fungsi ormas dan lembaga sosial keagamaan sebagai mitra Depag dalam melaksanakan pembangunan Nasional.

g.       Menambah dan meningkatkan sarana prasarana kantor yang efektif dan modern dengan membangun sistem jaringan informasi melalui program SIMKUA (Sistem Informasi dan Manajemen KUA).

2.  Program dan Kegiatan     

2.1.  Program :

Peningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam pencatatan nikah dan rujuk.

Kegiatan :

a.       Mengadakan pembinaan dan pengarahan secara intens, gradual dan insidentil kepada semua staf, penghulu dan pembantu penghulu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

b.      Memberdayakan potensi SDM KUA Kec. Sawahan dengan secara intens mengikutkan dalam berbagai kajian ilmiah, seminar, pelatihan dan sejenisnya.

c.       Memberikan pemahaman dan pembinaan kepada masyarakat secara berkesinambungan terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pencatatan nikah dan rujuk.

d.      Memberikan advokasi dan konseling kepada masyarakat atas problematika hukum yang dialami atas pencatatan nikah dan rujuknya.

2.2.   Program :

Peningkatanan pendayagunaan dan pengelolaan masjid

 

Kegiatan :

a.       Mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap pengelola masjid, baik ta’mir, remas maupun pengurus organisasi yang berada didalamnya.

b.      Mengembangan silaturrahmi dan jaringan antar masjid, baik dalam program kegiatan maupun pertukaran muballigh/oh.

c.       Mengkoordinasikan institusi kemasjidan dalam suatu badan koordinasi sehingga setiap program kegiatan masjid dapat berjalan searah, saling melengkapi dan tidak tumpang tindih.

2.3.  Program :

Pembentukan dan pengembangan lembaga zakat, wakaf, baitul maal dan ibsos.

 

Kegiatan :

a.       Mendorong dan memfasilitasi masyarakat maupun institusi sosial keagamaan dalam membentuk lembaga zakat, wakaf, baitul maal maupun ibsos.

b.      Memberikan pembinaan dan pelatihan dalam mendayagunakan zakat, wakaf, maal dan ibadah sosial lainnya.

c.       Mengirim dalam suatu kegiatan seminar, pelatihan atau sejenisnya bagi pengelola lembaga zakat, wakaf, maal dan ibsos.

d.      Memberikan modal kerja kepada masyarakat dari hasil zakat, mengarahkan dan mengawasi pengelolaannya sehingga dapat berdaya guna dan efektif dalam mengurangi angka kemiskinan.

e.       Mengkoordinasikan setiap pendayagunaan zakat dan wakaf sehingga diperoleh hasil yang efektif dalam mensejahterakan ummat.

2.4.   Program :

Pembinaan dan peningkatan kualitas keluarga sakinah.

 

Kegiatan :

a.       Memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat guna mewujudkan terciptanya peningkatan kualitas keluarga sakinah.

b.      Mendorong dan menfasilitasi berbagai usaha baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi sosial keagamaan dalam meningkatkan mutu kelurga sakinah.

c.       Membentuk satuan petugas (Satgas) keluarga sakinah di setiap Kelurahan yang peran dan fungsinya sebagai kepanjangan tangan KUA dan PLKB Kecamatan.

d.      Memberikan advokasi dan konseling terhadap keluarga yang bermasalah.

2.5.      Program :

Peningkatan pemahaman masyarakat dalam labelisasi halal dan arah kiblat serta kemitraan ummat.

 

 

 

 

Kegiatan :

a.       Mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, baik lewat khutbah nikah, majlis ta’lim maupun kegiatan keagamaan lainnya dalam labelisasi halal, arah kiblat dan pentinngnya kerukunan ummat beragama.

b.      Mengikutsertakan pengurus ormas islam dalam pelatihan atau kegiatan sejenisnya sehingga diperoleh paradigma yang sama terhadap berbagai masalah ummat.

c.       Mendata berbagai produk dari hasil produksi yang dibuat oleh perusahaan maupun home industry.

d.      Memandu dan mengarahkan pengukuran arah kiblat.

e.       Mengadakan silaturrahmi secara intens ulama’- umara’ guna menjaga kedamaian dan menyelesaikan berbagai problem keummatan dan kebangsaan.

2.6.      Program :

Peningkatan sarana dan prasarana kantor serta manajemen pelayanan.

 

Kegiatan :

a.       Menata dan menambah ruangan kantor sehingga sesuai dengan kebutuhannya.

b.      Merenovasi bangunan kantor sehingga terlihat megah dan indah.

c.       Melengkapi setiap ruangan kantor dengan seluruh perangkat kantor yang dibutuhkannya.

d.      Mengadakan sistem jaringan informasi dan manajemen kantor berbasiskan jaringan komputer (komputerize) melalui program SIMKUA.

e.       Memperluas, mempercantik dan memperindah seluruh ruangan kantor sehingga masyarakat merasa nyaman dan enak berada di KUA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One response to this post.

  1. Assalamualikum salam silaturahmi dari KUA kec. Ciracap, jaya dan sukses terus untuk KUA Kec. Sawahan
    wassalamualikum
    kua-kec-ciracap.blogspot.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: