Perintah Nikah Ulang Oleh KUA

Persepsi mengenai nikah bawah tangan (sirri) yang berbeda-beda diantara pihak pemerintah dan sebagian masyarakat menimbulkan saling curiga kedua pihak. Masyarakat sebagai pihak obyek hukum berkesan selalu dipersulit. Pengajuan pencatatan nikah dari mereka yang pernah melakukan nikah bawah tangan diharuskan melakukan akad nikah kembali, jika tidak dipenuhi maka pihak KUA tidak berkenan memberi surat akta nikah dan hal yang demikian tidak jarang menimbulkan perdebatan ramai antara kedua belah pihak.

Pertanyaan :

a. Bolehkah pihak KUA mengharuskan kepada pemohon akta nikah agar melakukan akad nikah ulang ?

b. Apa dibenarkan masyarakat memohon itsbat nikah kepada pihak KUA ?

(PCNU Kab. Blitar)

Jawaban

  1. Boleh, karena KUA menjalankan ketentuan aturan negara. Bahkan apabila ditemukan kebohongan-kebohongan, perintah nikah ulang hukumnya menjadi wajib.

Dasar Pengambilan Hukum

اعانة الطالبين ج 3 ص 302

وقوله فيه: متعلق بمحذوف صفة لحجة، أي بحجة مقبولة في ثبوت النكاح وهي رجلان، أو علم الحاكم

أسنى المطالب الجزء الثالث ص: 157

1. (قوله قال إبراهيم المروزي إلخ) أشار إلى تصحيحه وكتب عليه ما نقله عن المروزي مخالف لما صححه في النكاح من أن البالغة العاقلة إذا أقرت بالنكاح فقالت زوجني ولي بعدلين ورضاي إن كانت ممن يعتبر رضاها وكذبها الولي فثلاثة أوجه أصحها يحكم بقولها لأنها تقر على نفسها قاله ابن الحداد والشيخ أبو علي والثاني لا لأنها كالمقرة على الولي قاله القفال والثالث يفرق بين العفيفة والفاسقة قاله القاضي حسين ولا فرق في هذا الخلاف بين أن تقيد الإقرار وتضيف التزويج إلى الولي فيكذبها وبين أن تطلق ثم قال ويجري الخلاف أيضا في تكذيب الشاهدين إذا كانت قد عينتهما والأصح أنه لا عبرة بتكذيبهما لاحتمال النسيان والكذب هذه عبارته وبها يظهر أن ما نقله عن المروزي ضعيف مبني على أن تكذيب الشهود المعينين يقدح فإن قلنا لا يقدح قبل قولها في الموضعين وقد بينه في الكفاية كذلك فقال في باب التحليل ولو قال الزوج أنا أعلم أن الزوج الثاني لم يدخل بها ثم قال بعد ذلك علمت أنه أصابها قال الشافعي يقبل ذلك منه وكان له أن يتزوجها ولو قال الزوج الثاني لم أدخل بها وادعت الزوجة الدخول هل للأول نكاحها وكذلك لو جاء الولي والشهود الذين ادعت انعقاد النكاح بحضورهم وأنكروا ذلك لم يقبل منهم وأشار البغوي إلى شيء من ذلك وهو مستمد من إقرار المرأة بالنكاح فإن المذهب أنه يعمل به مع تكذيب الولي والشهود

  1. Itsbat nikah hanya bisa dilakukan di Pengadilan Agama sedangkan KUA sesuai dengan kapasitasnya sebagai institusi pencatatan nikah, hanya mencatat pernikahan yang sudah diitsbatkan oleh Pengadilan Agama.

Sumber: Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 2008 di PP AlMunawariyah Malang

2 responses to this post.

  1. Posted by mulyadi on 25/02/2011 at 11:03 am

    Mau tanya misalkan dinikah kan ulang apa dicatat pernikahannya tanggal sekarang atau tanggal waktu dia nikah yang dulu?

    Balas

    • Pencatatan nikah tidak berlaku surut. Tanggal pernikahan adalah tanggal disaat terjadinya akad nikah. Kalau ingin tanggalnya disesuaikan dengan nikah yang dahulu, harus mengajukan istbat nikah ke pengadilan agama

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: